Laporan Khusus

Daihatsu Hadirkan Mobil Konsep Karya Arek Suroboyo

31-03-2019

Surabaya, beritasurabaya.net - Mobil konsep biasanya hanya ditampilkan di ajang GIIAS Jakarta 2018 saja. Namun di ajang GIIAS Surabaya 2019, yang mengawali GIASS The Series, menghadirkan mobil konsep yakni Daihatsu Ayla Turbo hasil karya arek Suroboyo.

Ayla Turbo merupakan konsep kendaraan Racing Sport Entry Hatchback. Sebagal bagian tren Turbo Aspirated yang mendunla, Ayla Turbo dirancang untuk menunjukkan transformasi city car menjadi mobll yang sporty dan racy.

Dengan mengusung konsep Thrilling Simplicity, setiap garis desain, bentuk, dan permukaan Ayla Turbo diperhitungkan dengan baik, sehingga memiliki performa yang lebih optimal. “Mobil konsep Ayla Turbo merupakan hasil karya anak bangsa yang dikembangkan oleh tim Research & Development (R&D) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam menunjukkan rancang bangun R&D Daihatsu di Indonesia,”papar Marketing Director PT ADM, Amelia Tjandra, saat temu media Surabaya, Sabtu (30/3/2019) kemarin.

Amelia menegaskan saat ini mobil turbo menjadi tren di kalangan anak muda. Dan satu-satunya brand yang punya pabrik untuk produksi, jualan dan punya R&D terbesar dan terlengkap hanya Daihatsu.

“Rasanya kalau kami tidak mencoba membuat mobil konsep dan bisa menunjukkan kemampuan melalui Ayla Turbo, kami malu. Ke depan, cita-cita Daihatsu adalah untuk mobil-mobil yang full minner change maupun minner change bisa dibuat sendiri dan bukan dari Jepang. Dan pembuat mobil konsep kalau mau pintar perlu latihan dengan membuat mobil konsep dan jika sudah mampu, Daihatsu bisa memproduksi sendiri mobil-mobil yang full minner change maupun minner change,”ungkapnya.

Amelia lantas menceritakan awal mula Daihatsu memproduksi mobil LCGC Ayla. Untuk desain Ayla, ada 4 rancangan yakni dari Italia, Jepang, Korea dan Indonesia (Surabaya). Dan yang terpilih dari Indonesia.

”Jadi arek-arek Suroboyo harus bangga karena yang mendesain mobil Ayla dari Surabaya dan yang melakukan modifikasi mobil konsep Ayla Turbo juga dari Surabaya. Nah, di GIIAS Surabaya inilah kesempatan bagi masyarakat untuk melihat karya arek Suroboyo,”tambahnya.

Design Engineering Executive Coordinator R&D PT ADM, Soni Satriya, mengatakan, Ayla Turbo selain bertujuan untuk membuktikan kapabilitas anak bangsa, juga dapat memberikan inspirasi bagi anak muda yang memiliki passion ke performa mobil. Ayla selain dapat dimodifikasi pada sisi eksterior, juga bisa dilakukan penambahan komponen turbo dalam modifikasi tersebut.

Konsep mobil racing, kata Soni, mengusung strong D-face, longer overchange, stance effect. Ayla Turbo terinspirasi dari legenda racing Daihatsu Tomaso dengan dominan warna merah dan hitam pada bodi mobil racing.

”Ayla Turbo ini sudah pernah diujicobakan dengan kecepatan 160 km/jam dan relatif stabil. Angka kecepatan tersebut masih bisa dioptimalkan hingga 200 km/jam. Hanya saja, Ayla Turbo ini tidak untuk industri mobil turbo, karena ground clearance relatif sangat rendah dan ada regulasi tersendiri jika diproduksi untuk industri,”tambah Soni.

Amelia menambahkan bagi Daihatsu, hingga tahun 2019 ini, Sigra dan Ayla masih menjadi fokus penjualan. Karena dua mobil LCGC ini menawarkan harga yang affordable dan memang dirancang untuk masyarakat Indonesia.

”Sampai akhir tahun, kami targetkan market share nasional Daihatsu minimum bisa 17 persen. Pada 2018 lalu, target market share 16 persen dan bisa teralisasi ke angka 17,4 persen,”tambahnya.

Sementara Regional Head Astra Daihatsu Jawa Timur dan Bali, Tunjung Pramudito, mengatakan, mobil konsep Ayla Turbo diharapkan mampu menarik perhatian pengunjung GIIAS Surabaya 2019 untuk datang ke booth. Sedangkan target penjualan selama 10 hari pameran, Tunjung mengatakan, 300 SPK.

”Dari 300 SPK tersebut, kontribusi terbesar diharapkan dari Sigra 110 unit, Ayla 60 unit, Terios 50 unit dan sisanya dari Xenia dan lainnya,”tambah Tunjung. (noer soetantini)

Teks foto :

Mobil konsep Ayla Turbo, bukti kemampuan R&D PT ADM dalam membuat mobil turbo guna mengikuti tren di kalangan anak muda. Ayla Turbo ini tidak akan diproduksi untuk industri tapi sebagai ajang latihan dari Tim R&D, yang masih membutuhkan masukan dari penggemar mobi turbo.

Foto : Titin.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927