Laporan Khusus

Google.org Komitmen Bantu Lewat 3 Hibah Baru

29-06-2020

Jakarta, beritasurabaya.net - Di Kintamani, Bali, sekolah Komang Mirah harus ditutup sementara karena wabah. Untuk pertama kalinya, gadis 16 tahun ini harus mengakses pelajaran secara online dan ini tidaklah mudah baginya.

Belajar di rumah berarti harus memiliki perangkat pendukung, membeli paket internet terus-menerus, dan memiliki sinyal yang kuat. Namun dengan dukungan organisasi nonprofit lokal, Putera Sampoerna Foundation, kini dia memiliki sumber daya, alat, dan bantuan teknis yang dibutuhkan untuk dapat mengakses pelajaran virtual dengan mudah.

Wabah saat ini telah berdampak pada lebih dari 62 juta pelajar di Indonesia yang sekolahnya ditutup sementara. Akan tetapi, cerita seperti Mirah di atas mengingatkan kita bahwa, dengan teknologi, pendidikan dapat diakses oleh siapa saja.

Google.org ingin memainkan peran dalam membantu lebih banyak pelajar seperti Mirah untuk menjalani perubahan yang terus terjadi dalam pendidikan dan pembelajaran. Sebagai bagian dari Dana Pembelajaran Jarak Jauh senilai $10 juta dari Google.org, akan menyumbangkan hibah senilai $250.000 kepada INCO untuk bekerja bersama Putera Sampoerna Foundation dan SMSG (Perkumpulan Integrasi Kolaborasi dan Inovasi Pendidikan) dalam rangka membantu mengembangkan sebuah Pusat Pembelajaran yang menyediakan akses secara lebih luas ke materi belajar berkualitas bagi guru, pelajar, dan orang tua di Indonesia.

Di sana para guru juga akan dapat menggunakan ruang kelas virtual dengan semua alat dan materi yang diperlukan. Melalui upaya ini, organisasi nonprofit lokal berharap untuk dapat menjangkau 1.500 guru dan 45.500 pelajar serta orang tua secara nasional dalam beberapa bulan mendatang. Selain pendidikan, terdapat bidang-bidang lain yang dapat didukung Google.org untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi.

Indonesia memiliki lebih dari 50 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang diperkirakan menyumbangkan 60 persen PDB negara. Akan tetapi, banyak dari bisnis ini sangat rentan terhadap dampak krisis yang tengah terjadi sekarang ini dan mengalami goncangan ekonomi yang besar.

Mereka membutuhkan dukungan untuk mengakses modal dan keahlian agar bisnis mereka tetap berjalan. Dengan hibah Google.org senilai $2,5 juta, Youth Business International (YBI) memimpin sebuah program cepat tanggap untuk membantu UMKM yang kurang mendapatkan bantuan di 16 negara di Asia Pasifik untuk menunjang kelangsungan mereka selama krisis Covid-19. Ini adalah bagian dari kontribusi $100 juta dari Google.org untuk Covid-19.

Di Indonesia, YBI akan bekerja dengan YCAB Foundation untuk menjalankan program pemulihan yang meliputi penyediaan saluran layanan bantuan krisis, panduan bersasaran, pelatihan, dan bimbingan online. Hibah ini akan membantu pemilik usaha kecil seperti Renny dari Kedoya, Jakarta Barat, yang menjalankan usaha seprai tempat tidur miliknya sendiri. Karena pandemi, Ibu Renny terpaksa menutup sementara usahanya sehingga hampir tidak menerima satu pun pesanan sprei maupun bed cover.

Dengan program ini, dia ingin mengasah keterampilan pemasaran digital dan online untuk memperoleh lebih banyak pelanggan, dan mendapatkan informasi mengenai program keuangan dari pemerintah untuk menopang keluarganya dengan lebih baik selama masa sulit ini.

Membantu pemimpin organisasi nonprofit untuk beradaptasi selama krisis. Organisasi nonprofit telah memainkan peran penting dalam mengadvokasi berbagai tujuan yang penting di Indonesia, dari literasi digital hingga pencegahan bencana. Namun dalam situasi saat ini, banyak organisasi nonprofit menghadapi banyak tantangan, dari melaksanakan advokasi dan pelatihan di dunia nyata hingga mencari cara untuk mengalihkan upaya penjangkauan mereka ke ranah online.

Untuk membantu mereka menjalani transisi ini, Google.org mendukung Ashoka Foundation dengan hibah senilai $600.000 untuk membantu 30 organisasi nonprofit lokal di Indonesia, India, dan Singapura selama Covid-19. Dua belas organisasi nonprofit lokal yang akan menerima dukungan antara lain ICT Watch, Sejiwa Foundation, Peace Generation, Bebras, Maarif Institute, Mafindo, IniBudi, Ibu Professional, Telapak, Greeneration, Yayasan Peduli Kemanusiaan Foundation, dan KAPPALA Indonesia.

Mereka akan menjalani program pembangunan kapasitas secara komprehensif selama enam bulan, yang akan memberikan teknologi dan alat yang dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan dan kesenjangan yang mendesak dalam organisasi mereka.

Pada saat yang sama, program ini akan mengajari mereka cara mendukung dan menyesuaikan skala upaya mereka di tengah masyarakat untuk jangka panjang. Sesi akan disampaikan melalui workshop webinar serta bimbingan kelompok dan individual.

Septi Peni dari Ibu Professional pun sangat bersemangat untuk ambil bagian dalam program ini. “Kami berterima kasih kepada Ashoka dan Google.org yang telah memberikan kesempatan untuk terhubung dengan organisasi non profit lain dari seluruh daerah. Melalui program ini, kami dapat bertukar pengetahuan mengenai pendekatan dalam menghadapi krisis, dan dengan pelajaran yang didapat dari program, kami dapat meluruskan jalan saat melangkah maju, seraya berusaha untuk terus optimistis,”ujarnya.

Google.org tidak sabar untuk membagikan perkembangan dari inisiatif-inisiatif ini dalam beberapa bulan mendatang, sambil terus mencari lebih banyak cara untuk mengidentifikasi dan mendukung upaya serupa yang akan berdampak positif pada kehidupan masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada. (noer soetantini)

Teks foto :

Google.org ingin memainkan peran dalam membantu lebih banyak pelajar seperti Mirah untuk menjalani perubahan yang terus terjadi dalam pendidikan dan pembelajaran.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927