Politik & Pemerintahan

Komunikasi Efektif, Kunci Kesuksesan Pelayanan

13-11-2019

Jakarta, beritasurabaya.net - Revolusi Industri 4.0 yang merupakan era di mana Artificial Intelligent (AI) dan era Big Data hadir, telah mengubah cara individu berinterkasi dalam lingkungan sosial. Pada era ini, tantangan komunikasi menjadi hal yang tidak terhindarkan dan bahkan datang dari segala penjuru.

Demi menyiasati dan mengantisipasi hal tersebut diperlukan kehandalan dalam penyampaian, pengembangan dan penyebaran segala bentuk komunikasi dan informasi secara internal maupun eksternal. Berangkat dari hal tersebut Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Sosialisasi Penguatan Strategi Komunikasi Masyarakat Terpadu pada Pejabat Eselon III dan Pejabat Eselon IV bertempat di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Selasa (12/11/2019) kemarin.

“Di era masyarakat informasi dan komunikasi yang interaktif ini, memahami bagaimana komunikasi bekerja, baik kepada masyarakat maupun cara berhadapan dengan media, penting untuk dipahami oleh suatu organisasi” kata Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra.

Lebih lanjut Benni menambahkan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, yang memiliki mandat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan perizinan maupun non perizinan di DKI Jakarta, tentunya akan sering berhubungan dengan masyarakat dan media, banyak informasi yang dimiliki dan dibutuhkan oleh masyarakat yang harus disampaikan kepada publik. Menciptakan dan membina hubungan baik dengan masyarakat dan media bagi DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta adalah tujuan dari komunikasi yang dilakukan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

“Bapak/Ibu yang berada di hadapan saya ini, para kepala unit PTSP, adalah ujung tombak komunikasi organisasi kita atau Pemprov. DKI Jakarta kepada masyarakat karena warga Ibukota langsung bertemu dengan Bapak/Ibu. Baik buruknya reputasi Pemprov. DKI Jakarta maupun DPMPTSP sebagai penyelenggara pelayanan publik akan sangat tergantung dari bagaimana Bapak/Ibu bertindak dan berkomunikasi sebagai representasi dari Pemprov. DKI Jakarta” ujar Benni dalam arahan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Penguatan Strategi Komunikasi Masyarakat Terpadu DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

Benni menambahkan sebagai pemimpin harus memiliki kemauan untuk berkomunikasi dan menjadikan dirinya dapat dipahami orang lain. Kemampuan berkomunikasi yang efektir adalah hal yang selalu dimiliki oleh para pemimpin hebat dunia. Tanpa komunikasi, kepemimpinan akan menghadapi berbagai kendala.

“Seperti kata James Humes, mantan penulis naskah pidato Presiden Ronald Reagan, Seni berkomunikasi merupakan bahasa kepemimpinan,” tutur Benni.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengaduan dan Komunikasi Masyarakat, Maryanta, meyampaikan tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi yang menghadirkan narasumber, CEO of Association Personality Develeopment Asia Center, Indah Soekojto dan Ayu Suryo Prayogo.

“Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam kemampuan berkomunikasi sehingga memudahkan masyarakat memperoleh informasi terkait persyaratan dan mekanisme perizinan. Kedua, untuk meningkatkan pemahaman mengenai saluran media baik media massa, media elektornik dan media sosial, juga meningkatkan pengetahuan dalam bidang komunikasi masyarakat guna menjalin hubungan yang baik dan berkesinambungan dengan media dan seluruh stakeholders,” jelas Maryanta. (nos)

Teks foto :

Personal Trainer, Indah Soekotjo, memberikan paparan mengenai Komunikasi efektif kepada para ASN PTSP seluruh wilayah DKI Jakarta di Mal Pelayanan Publik Senin, (11/11/2019) lalu.

Foto : Istimewa.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927