Klub

Earth Hour 2021: Merawat Alam dan Kesehatan

25-03-2021

Jakarta, beritasurabaya.net - Gerakan Earth Hour akan kembali dilakukan serentak di seluruh dunia, Sabtu (27/3/2021), pukul 20.30 - 21.30 WIB. Earth Hour 2021 mendatang akan menjadi momen dalam menyatukan penduduk dunia untuk berbicara tentang alam ditengah krisis kesehatan global Covid-19.

Secara daring, seluruh penduduk dunia akan bersatu dalam gerakan simbolis mematikan lampu selama 1 jam, sebagai bentuk kepedulian terhadap masa depan bumi yang merupakan rumah kita bersama, demi keselamatan dan kesehatan seluruh makhluk hidup.
Tahun ini, Yayasan WWF Indonesia dan Komunitas Earth Hour di 30 Kota mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam menjaga masa depan keanekaragaman hayati sebagai kekayaan bangsa. Melalui pesan Unity in Biodiversity, dengan terus menghimbau perubahan gaya hidup menjadi ramah lingkungan serta berkelanjutan.

Momen ini juga akan dilaksanakan secara daring dan terhubung dengan masyarakat di sisi lain Bumi kita. Banyaknya bencana alam termasuk wabah Covid-19, menyadarkan kita bahwa mencegah kerusakan alam sangat penting bagi manusia untuk bertahan hidup dan membangun masa depan.

CEO Yayasan WWF-Indonesia, Dr. Dicky Simorangkir, mengatakan, tahun 2021 adalah tahun yang krusial bagi umat manusia. Ketika dunia mencoba untuk membalikkan keadaan dan pulih dari kerusakan akibat pandemi Covid-19 serta membangun kembali dirinya sendiri, kita perlu menempatkan alam sebagai solusi utama bagi upaya pemulihan kehidupan didunia untuk memastikan masa depan ekonomi dan masyarakat kita.

“Earth Hour adalah momen persatuan bagi individu, pemimpin, dan pecinta lingkungan agar bersama-sama menyerukan tindakan dan aksi nyata untuk mengembalikan hubungan manusia dan alam sekaligus mengamankan kehidupan di dunia,”tukasnya.

Najelaa Shihab, Pendidik dan Anggota Board, Yayasan WWF-Indonesia mengatakan, gerakan Earth Hour ini sangat penting bagi pembentukan karakter dan kompetensi anak muda, yakni mendukung profil pelajar Pancasila, dalam konteks Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, bagaimana kita berinteraksi dengan alam adalah salah satu wujudnya.

”Selain itu, dalam situasi pandemik ini kita terus kreatif, melalui program blended learning tahun ini WWF dan relawan Earth Hour menggabungkan pendidikan online yang kolaboratif, dengan aksi di lapangan yang tetap dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan”.

Relawan Komunitas Earth Hour Indonesia, Arselia Dwi Handayani, mengatakan, Earth Hour bagi dia adalah momen persatuan. Secara bersama-sama dia yang tergabung dalam komunitas Earth Hour dari Aceh sampai Papua bertekad untuk selalu bersatu dalam melindungi keanekaragaman hayati di Indonesia dan merawat planet kami tercinta.

“Kita harus menjaga tekad ini dan kami anak muda berusaha untuk berkontribusi nyata. Namun, penyebaran virus Covid-19 memaksa kita untuk menghindari pertemuan publik secara massif dan terbuka.  Mari berkumpul secara virtual untuk Earth Hour tunjukkan komitmen kita untuk planet Bumi,rumah  tinggal bersama satu-satunya,”tambahnya.

“Kita harus saling menjaga rumah satu-satunya yang kita miliki. Mari bergabung bersama saya dan jutaan orang di seluruh dunia untuk menjadikan Earth Hour ini sebagai momen solidaritas kita. Mari angkat suara kolektif kita untuk memastikan masa depan bumi yang lebih bersih, sehat, aman, adil, hijau, lestari dan berkelanjutan," pungkasnya.

Dalam dekade terakhir, Komunitas Earth Hour telah menginspirasi berbagai inisiatif untuk perlindungan alam, iklim, dan lingkungan, membantu mendorong kesadaran, serta tindakan.  Beberapa diantaranya yakni menginisiasi program pendidikan lingkungan bagi anak-anak korban bencana alam di Palu, pengembangan sekolah alam dan upaya konservasi burung cendrawasih di Papua, pemanfaatan lahan untuk pengelolaan dan pengembangan urban faming di kota Depok, serta turut menginisiasi program donasi barang-barang furniture dari eco brick (memanfaatkan kembali sampah botol plastik) bagi fasilitas pendidikan di Mataram sebagai upaya mengurangi sampah plastic.

Pada hari ini juga, inisiatif  Plastic Smart Cities Yayasan WWF Indonesia memulai kerjasama dengan McKinsey  untuk mendukung program Rethinking Recycling Academy (RRA) yang memfasilitasi pengelolaan sampah dan limbah oleh kelompok masyarakat di TPS 3R Ubung Kaja, Denpasar, Bali, dalam upaya mencegah polusi plastik di alam.

Selain komunitas anak muda pelaksanaan Earth Hour 2021, turut didukung penuh oleh pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten serta partisipasi langsung dari mitra korporasi, diantaranya yakni Ming Promotion, PT Bank Central Asia Tbk, PT Angkasa Pura I, Hotel dari anggota Blue Allies Signing Blue. (nos

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927