Pendidikan

Dirjen Dikti Resmikan Zona Integritas Di FSAD ITS

19-06-2021

Surabaya, beritasurabaya.net -  Guna mewujudkan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang bebas dari korupsi, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) Prof Ir Nizam MSc DIC PhD IPU ASEAN Eng mengesahkan Pencanangan Zona Integritas di lingkungan Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ITS. Dalam acara tersebut, jajaran pimpinan di lingkungan FSAD juga berkomitmen dan menandatangani Pakta Integritas di Gedung Rektorat ITS, Jumat (18/6/2021) kemarin.

Selain Dirjen Dikti, pencanangan Zona Integritas (ZI) dan penandatanganan Pakta Integritas yang dilaksanakan secara hybrid tersebut juga dihadiri secara luring oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari M Eng, Dekan FSAD ITS Prof HamzahFansuriSSiMSi PhD, Wakil Dekan sekaligus Ketua Tim Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas (RBZI) FSAD ITS Prof Dr Dra Mardlijah MT, dan jajaran pimpinan ITS lainnya. Turut hadir secara daring, para Kepala Departemen di lingkungan FSAD, perwakilan Inspektorat Jenderal (Itjen) Dikti, dan perwakilan dari Ombudsman RI.

Membuka acara, Mardlijah mengatakan jika pembangunan ZI di ITS sebagai bentuk dukungan dalam program Ditjen Dikti untuk mewujudkan PTN dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) yang yang bebas dari korupsi, birokrasi bersih dan melayani. “ITS selalu melakukan peningkatan dan penyempurnaan untuk mewujudkan zona integritas, salah satunya Sasrabahu yang dibuat untuk memudahkan dalam mengambil mata kuliah di sesame kampus PTN-BH bagi mahasiswa,” terangnya.

Lebih lanjut, guru besar Matematika ini mengungkapkan bahwa syarat untuk memiliki predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) adalah pemenuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (​LHKASN). “Pemenuhan LHKPN dan LHKASN di ITS sendiri sudah mencapai angka 100 persen dan semoga semua usaha yang dilakukan ITS pada umumnya, khususnya FSAD, dapat menghasilkan predikat WBK,” tandasnya optimistis.


Pada kesempatan yang sama, Rektor ITS mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen sangat tinggi untuk menjadikan ITS sebagai WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). “Sebagai bentuk perwujudan zona integritas, ITS telah melakukan pengintegrasian sistem informasi yang ada di ITS dengan dibentuknya platform MyITS,” ungka prektor yang akrab disapa Ashari ini.

Sementara itu, dalam sambutannya Nizam menyampaikan, dalam hal mewujudkan suatu institusi yang bersih dan bebas dari korupsi, terdapat empat tahap pengimplementasian, yakni Reformasi Birokrasi, Zona Integritas, WBK, dan WBBM. “Saya sangat mengapresiasi ITS yang sudah melakukan reformasi birokrasi secara massif dan substansi untuk mengubah10 fakultas menjadi tujuh fakultas, ini merupakan bentuk konkret dalam Reformasi Birokrasi,” imbuhnya.

Usai meresmikan pencanangan Zona Integritas di lingkungan FSAD ITS, Nizam menyampaikan harapannya. “Semoga ini bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya,”harapnya.

Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas melalui QR Code oleh Dekan dan Wakil Dekan FSAD beserta para Kepala Departemen di lingkungan FSAD. (tya/nos)

Teks foto :

Sebelum melakukan rangkaian kegiatan, Nizam juga meninjau beberapa fasilitas di kampus ITS. Bahkan Nizam berkesempatan mencoba kendaraan nirawak (autonomous car) karya ITS i-Car, dan menjajal sepeda motor listrik GESITS saat mengunjungi gedung riset Mobil Listrik Nasional (Molina) ITS.

Foto : Humas ITS.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927