Ekonomi & Bisnis

Bisnis Asri Motor Terus Diperkuat Lewat Ekosistem

15-06-2024

Surabaya, beritasurabaya.net - Konsep one stop solution makin tren dan bisa diterapkan pada apapun jenis usahanya. Konsep ini dianggap jauh lebih efektif, efisien dan mampu meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen loyal melalui sebuah ekosistem yang dibangun sejak usaha didirikan.

Hal inilah yang menjadi acuan Authorized Toyota Dealer, Asri Motor, yang kini genap berusia 40 tahun. Menurut founder Asri Motor, Aman Rasgiono, di sela peringatan HUT ke-40 Asri Motor, selama 4 dekade Asri Motor terus berinovasi melayani konsumen Surabaya dan Sidoarjo. Berkat inovasi tersebut, Asri Motor memiliki 6 unit usaha termasuk yang terbaru yakni unit usaha Bursa Mobil Bekas “The Ark” yang ada di Jl.Raya Wiyung Surabaya.

"Ini sebuah perjalanan panjang serta pengalaman selama 4 dekade berinovasi dan melayani pelanggan di Surabaya dan Sidoarjo. Banyak pengalaman baik senang maupun harus berdarah-darah yang kami rasakan. Kesuksesan bisnis Asri Motor tak lepas dari strategi Toyota melalui penerapan 5P yakni Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Process (proses), dan yang tidak kalah penting kuncinya ada di People (orang),”ujarnya.

Ia menjelaskan, keenam unit usaha memberikan layanan spesifik sesuai dengan ekosistem yang dikembangkan oleh Asri Motor. Bisnis Asri Motor sendiri diawali hadirnya showroom Asri Motor Jenggolo sebagai dealer resmi Toyota dengan fasilitas 3S (Sales, Service & Spare part). Sementara Graha Asri Pucang sekaligus menjadi kantor pusat Asri Motor, mengedepankan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Di Graha Asri Pucang ini, dealer menghadirkan konsep yang berbeda dengan fasilitas cafe dan ruang co-working serta ruang tunggu yang bernuansa mewah seperti berada di lounge.


Unit usaha lainnya yakni Asri Motor Taman yang dilengkapi dengan fasilitas GR Zone. Dealer ini merupakan satu-satunya dealer Toyota di wilayah Surabaya dan sekitarnya yang memiliki simulator balap di area GR Zone.

Unit usaha lain yang lokasinya tidak jauh dari Asri Motor Jenggolo yakni Asri Motor Body & Repair sekaligus dilengkapi gudang transit untuk mobil-mobil baru yang akan dipasok ke dealer-dealer Asri Motor baik yang ada di Surabaya maupun Taman dan Jenggolo.

Disusul OtoXpert di kawasan Tropodo dan terbaru yang diresmikan Mei 2024 yakni The ARK New & Used Car, makin melengkapi ekosistem Asri Motor untuk memberikan kepuasan pelayanan bagi konsumen.

Direktur Asri Motor, Segaryanto Tejo, yang juga anak Aman, menegaskan, di era persaingan pasar otomotif yang semakin ketat, Asri Motor terus beradaptasi terutama di bidang pelayanan kepada konsumen. Inovasi memang sebuah keharusan dan tetap mengikuti tren pasar termasuk pemanfaatan digital dalam memperkuat strategi pemasaran.

"Kita terus melakukan inovasi dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui penerapan teknologi, seperti untuk mengingatkan jadwal servis, pembayaran pajak kendaraan, dan sebagainya. Terbaru kami membuka layanan Service Point di Ciputra World," papar Segaryanto Tejo.


Pada kesempatan yang sama, Branch Manager Graha Asri Motor, Rudi Kristanto, mengatakan, sebagai unit usaha yang baru, The Ark memiliki layanan menyeluruh (one stop services). Meski layanan mobil bekas ini baru dibuka Mei 2024 lalu, namun respon konsumen luar biasa.

“Layanan Asri Motor semakin lengkap dengan adanya showroom mobil bekas. Jadi konsumen tidak perlu ke mana-mana, cukup duduk manis. Kami akan cek kondisi mobil lama, harga kami taksir, kalau sudah deal harga, konsumen bisa bawa pulang mobil baru Toyota dari Asri Motor,” tukasnya.

Bisnis usaha mobil bekas ini, diakui Rudi, persaingannya juga ketat. Namun, The Ark optimis, bisnis usaha akan mampu berkembang karena mobil Toyota yang dimiliki konsumen punya harga yang bagus ketika dijual kembali. Dan The Ark akan menerima mobil lama dengan usia pakai tidak lebih dari 5 tahun dan tidak hanya mobil Toyota tapi juga merek lainnya.

“Ke depan, layanan mobil bekas ini akan memberikan garansi bagi para konsumen terutama mesin dan servis. Saat ini sedang kami persiapkan untuk pemberian garansinya,”pungkasnya. (nos)

Teks foto :

1.Para awak media diajak berkunjung ke unit usaha Asri Motor, seperti Asri Motor Jenggolo ini yang merupakan usaha awal dari Asri Motor.

2.Aman Rasgiono (batik coklat) bersama tim mempertahankan bisnis Asri Motor termasuk dengan menambah unit usaha.

3.The Ark merupakan unit usaha bursa mobil baru dan bekas sebagai unit usaha terbaru dari Asri Motor. Tampak dalam foto, Branch Manager Graha Asri Motor, Rudi Kristanto  (kiri) dan Sales Manager The ARK Wiyung, Kevin Kristanto (kanan), saat menjelaskan bisnis baru Asri motor.

Foto : Istimewa dan Titin.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927