Laporan Khusus

Strategi Jitu Adira Finance di IIMS Surabaya Menuai Apresiasi

05-06-2024

Surabaya, beritasurabaya.net - Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2024 yang digelar Dyandra Promosindo usai sudah, Minggu (2/6/2024) lalu. IIMS Surabaya 2024 mendapat respon positif dari para peserta IIMS dan partisipasi aktif seluruh pengunjung.

Kesuksesan perhelatan IIMS Surabaya 2024 tersebut tidak lepas dari eksistensi penting MUFG dan Danamon sebagai Official Bank Partner, Adira Finance sebagai Official Multifinance Partner, PLN sebagai sponsor, Momobil.id dan Momotor.id sebagai Official Trade-in Partner. Menurut Regional Corporate Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Irene Sri Redjeki, saat pembukaan booth Adira Finance, 29 Mei 2024 lalu,  partisipasinya di IIMS Surabaya 2024 merupakan bentuk nyata dari komitmen Adira Finance bersama MUFG dan Bank Danamon untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur terutama di industri otomotif.

“Pertumbuhan industri otomotif di Jawa Timur sangat agresif. Begitu pula dengan antusias masyarakat dalam melakukan pembelian unit mobil hybrid, mobil dan motor istrik. Sementara customer kami, juga agresif melakukan penjualan kendaraan termasuk mobil listrik. Untuk itu, sebagai satu diantara bank terbesar di tanah air, akan terus eksis mendukung pertumbuhan industri mobil listrik,”ungkapnya.

Irene berharap di ajang IIMS Surabaya 2024 ini, semakin menjangkau seluruh masyarakat. Melalui 24 kantor cabang di Jawa Timur tercatat 256 customer dimana 43 persennya ada di Surabaya. Dan banyak customer-nya yang bergerak di bidang otomotif. “Melalui beragam penawaran pilihan kendaraan berkualitas dan bonus tak terbatas, kami bisa semakin mendekatkan diri dengan konsumen serta memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik,”tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Regional Collection Head Jawa Timur PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance), Djoko Witono, mengatakan sangat antusias kembali berpartisipasi di IIMS Surabaya sebagai Official Multifinance Partner dan Official Trade-in Partner dengan menawarkan solusi keuangan terbaik bagi para pengunjung. Kehadiran Adira Finance di IIMS Surabaya 2024 juga menumbuhkan dan memperkuat ekosistem otomotif nasional termasuk kendaraan listrik. Selain itu, memperluas portofolio Adira Finance terutama di industri otomotif.

Djoko menyebut sampai kuartal I  tahun 2024, pembiayaan Adira Finance di sektor otomotif di Jawa Timur mencapai Rp885 miliar atau naik 10 persen dibanding periode yang sama dengan tahun lalu. Kontribusi pembiayaan untuk motor mencapai 45 persen, mobil 32 persen dan non otomotif sebesar 23 persen.


Ramai-ramai Apresiasi Eksistensi Adira Finance

Selama 3 tahun berpartisipasi di ajang IIMS Surabaya, strategi yang dilakukan Adira Finance dalam berkontribusi mendongkrak penjualan kendaraan sekaligus klaim sebagai lembaga pembiayaan kendaraan listrik menuai apresiasi dari para peserta IIMS terutama yang menghadirkan mobil hybrid dan mobil listrik selama pameran yang berlangsung, 29 Mei hingga 2 Juni 2024 di Grand City Convex Surabaya. Regional Head Jawa Timur, Bali & Nusra PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, David Gunawan, menjelaskan,  industri otomotif butuh value change lembaga pembiayaan (leasing). Karena industri otomotif ini sangat berbeda dibanding sektor industri lainnya yang juga menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur.

Menurut David, tren market otomotif di Jawa Timur saat ini  berbeda dibanding kondisi 5 tahun yang lalu. Saat ini,  kontribusi Jawa Timur terhadap industri otomotif nasional di angka 8 hingga 9 persen. Padahal lima tahun lalu di atas 11 persen.

Secara makro, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur lima tahun lalu bahkan sampai saat ini relatif bagus.  Namun dari sisi industri otomotif sangat berbeda jika dibanding industri penopang pertumbuhan ekonomi Jawa Timur lainnya. Jika dilihat dari tingkat NPL di industri otomotif kurang bagus dan lembaga pembiayaan kendaraan bermotor menjadi jauh lebih selektif terhadap calon konsumen. Itu sebabnya, dua tahun terakhir OJK menerapkan selektifitas calon konsumen dengan SLIK. Ini mempermudah lembaga pembiayaan terutama untuk membantu industri otomotif dalam menyeleksi pengajuan konsumen bisa disetujui atau tidak.

“Kehadiran Adira Finance di ajang IIMS Surabaya patut diapresiasi yang memang berkomitmen mendukung pertumbuhan otomotif di Jawa Timur. Terlebih dengan beragam promo yang ditawarkan bisa mendongkrak penjualan unit Daihatsu selama ikut pameran,”tambahnya.

Hal senada disampaikan Area Business Head Jawa Timur Auto2000, Haris Prasetya, saat ditemui di lokasi pameran. Sebagai main dealer Toyota di Jawa Timur, eksistensi Adira Finance sangat membantu konsumen berani membeli unit kendaraan baru termasuk mobil hybrid dan listrik maupun melakukan trade in. Setiap pameran seperti ini keberadaan lembaga pembiayaan atau leasing menjadi kebutuhan utama bagi calon konsumen. Apalagi selama pameran, biasanya lebih banyak konsumen membeli dengan cara kredit.

“Nah, di sinilah peran lembaga pembiayaan itu bisa ikut mendukung edukasi ke konsumen bahwa mereka tidak perlu khawatir jika ingin membeli kendaraan baru termasuk mobil listrik maupun hybrid seperti yang dipamerkan di IIMS Surabaya. Dari evaluasi Auto2000 Jawa Timur sendiri, tren yang terjadi saat ini konsumen mulai banyak membeli mobil hybrid bahkan mobil listrik. Penjualan mobil hybrid Auto2000 Jawa Timur malah lebih dari 70 persen setiap kali pameran,”paparnya.

Adira Finance, tambah Haris, justru ikut menggiring terbentuknya pasar baru untuk pembelian kendaraan hybrid maupun listrik. Adira Finance semakin memperkokoh sinergitas antara pabrikan, dealer, leasing  termasuk ketersediaan trade in kendaraan hybrid maupun listrik.

Direktur Honda Surabaya Center, Wendy Miharja, menilai, kehadiran Adira Finance yang mau membantu konsumen untuk pembiayaan pembelian mobil  baru termasuk hybrid dan mobil listrik, patut diapresiasi. Ini luar biasa. Artinya, masing-masing pihak punya porsi ikut berkontribusi atas terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di tanah air terutama di Jawa Timur sekaligus menggairahkan industri otomotif.  

“Bagi main dealer seperti HSC, kendaraan listrik sebuah peluang bisnis di masa depan meski saat ini kami masih melakukan edukasi pasar dan lebih fokus pada penjualan mobil hybrid sebagai bridging sebelum memasuki industri kendaraan listrik. Selama ini, lembaga pembiayaan  sudah sangat membantu kebutuhan produsen, dealer dan konsumen, sebelum maupun setelah ada mobil listrik. Lembaga pembiayaan sudah pasti berhitung sepanjang tipikal konsumen yang akan dibantu tidak akan membebaninya. Apalagi untuk trade-in yang selama ini lebih banyak dikelola secara internal oleh produsen maupun main dealer,”ungkapnya.


Sedangkan Direktur Operasional Arista BYD, Judianto juga mengapresiasi keberanian Adira Finance turut mendukung ekosistem kendaraan listrik dari sisi pembiayaan. Sebagai lembaga pembiayaan, Adira Finance, tidak semata-mata mempermudah calon konsumen memiliki mobil terutama mobil listrik tapi sekaligus mempelajari cara yang tepat dalam pembiayaan mobil listrik.

Apakah mekanisme pembiayaannya relatif sama dengan mobil pada umumnya atau ada hal-hal yang lebih dicermati lagi. Karena untuk perawatan mobil listrik ini sebenarnya tidak ada karena cukup melakukan pengecekan kondisi baterai setiap setahun sekali.

“Seperti BYD sendiri memberikan warranty baterai selama 8 tahun. Kalau sebelum 8 tahun tiba-tiba baterai melemah akan kami ganti. Untuk harga baterai mobil listrik dalam perkembangan ke depan juga akan semakin murah dengan teknologi terbaru. Hampir sama seperti halnya orang membeli smartphone yang suatu saat juga mengganti baterai jika drop tiba-tiba,”lanjutnya.

Judianto melihat potensi bisnis mobil listrik terbuka lebar. Dan ini juga yang diamati Adira Finance sebagai peluang bisnis baru. “Market share BYD sendiri terhadap total penjualan mobil listrik nasional sekitar 60 persen. Di Jakarta,  BYD mampu menjual 400 unit. Surabaya 375 unit disusul Bandung dan Medan. Untuk pertumbuhan penjualan mobil listrik di kisaran 3 persen ditargetkan bisa naik ke angka 7 hingga 8 persen,”pungkasnya.

Project Manager IIMS 2024, Rudi MF juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya ke berbagai pihak yang mendukung IIMS Surabaya 2024. Sukses besar IIMS Surabaya 2024 ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi luar biasa dari berbagai pihak.

“Ini juga berkat dukungan  MUFG dan Danamon sebagai Official Bank Partner, Adira Finance sebagai Official Multifinance Partner, PLN sebagai sponsor, Momobil.id dan Momotor.id sebagai Official Trade-in Partner di IIMS Surabaya. Eksistensi Adira Finance mampu menggiring mindset masyarakat bahwa IIMS Surabaya akan terus menjadi platform yang ideal untuk showcasing kemajuan industri otomotif di Jawa Timur dan memberikan pengalaman terbaik bagi para pecinta otomotif,”pungkas Rudi.

Seperti diketahui sebagai grup finansial yang terus berkembang, Danamon menawarkan berbagai solusi kebutuhan finansial dari ekosistem industri otomotif Indonesia dari hulu ke hilir, bersama dengan Adira Finance sebagai anak perusahaan, dan MUFG sebagai induk perusahaan. Solusi ini diwujudkan melalui beragam promo menarik, antara lain, bunga spesial untuk KPM Prima bersama Adira Finance serta kesempatan untuk hemat hingga 100% untuk tiket masuk pameran dan tiket IIMS Infinite Live dan IIMS Infinite Show, belanja aksesoris kendaraan, hingga untuk jajan makanan dan minuman selama pameran IIMS Surabaya 2024.

Adira Finance menghadirkan solusi pembiayaan berkualitas dengan bonus tak terbatas untuk pembiayaan otomotif baik mobil maupun motor seperti bunga spesial, fasilitas persetujuan di tempat, cashback, trade-in, hingga kesempatan memenangkan program undian UMRAH Untuk Sahabat dan program HARCILNAS (Harinya Cicilan Lunas). Bagi konsumen yang tertarik untuk melakukan trade-in kendaraannya, dapat merasakan kemudahan proses tukar tambah yang disediakan oleh momobil.id dan momotor.id dengan fasilitas taksasi di tempat untuk mendapatkan harga penawaran secara langsung dan menikmati beragam keuntungan seperti cashback. UMRAH Untuk Sahabat merupakan program undian berhadiah paket umrah untuk konsumen beruntung yang mengajukan pembiayaan secara langsung atau walk in di IIMS Surabaya.

Dengan program undian ini, konsumen memiliki kesempatan untuk mewujudkan impian umrah secara gratis persembahan dari Adira Finance. Bagi konsumen aktif Adira Finance berkesempatan mendapatkan keuntungan lainnya melalui HARCILNAS (Harinya Cicilan Lunas) yang merupakan program undian berhadiah dengan cara menukarkan adirapoin dengan kupon undian di aplikasi adiraku. (noer soetantini)

Teks foto :

1.Pembukaan booth Adira Finance di ajang IIMS Surabaya 2024.

2.BYD satu diantara peserta IIMS yang fokus terhadap penjualan mobil listrik dan baru pertama kali memperkenalkan diri di industri otomotif Jawa Timur.

3.Mau trade-in, pengunjung maupun konsumen bisa menuju area outdoor momobil dan momotor di area IIMS Surabaya 2024.

Foto : Titin.

Advertising
Advertising
Pemadam Kebakaran
Surabaya Pusat
031-3533843-44
Surabaya Utara
031-3712208
Surabaya Timur
031-8411113
Surabaya Barat
031-7490486
Surabaya Selatan
031-7523687
Rumah Sakit & Klinik
RSUD Dr. Sutomo
031-5020079
RS Darmo
031-5676253
RS ST Vincentius A Paulo
031-5677562
RS William Booth
031-5678917
RS Adi Husada
031-5321256
Kepolisian
Polda Jatim
(031) 8280748
Polrestabes
(031) 3523927